Selamat Datang Di LittleSagara.com !!

WASPADA terhadap penipuan yang mengatasnamakan LittleSagara!
KLIK DISINI untuk informasi agar anda tidak menjadi korban berikutnya.

Sabtu, 02 Juni 2012

Grand Zodiac Zoom In

Mode game baru yang diperkenalkan pada Pangya Tomahawk. Apa itu Grand Zodiac? Pada mode permainan ini anda hanya memiliki satu tujuan, memperoleh score sebanyak-banyaknya. Menurut saya mode game ini seru dan adiktif. Tapi lama-kelamaan anda akan dibuat frustasi olehnya. Mengapa? Kita cari tau jawabannya. Pada bagian ini saya akan mengupas tuntas Grand Zodiac (selanjutnya akan saya singkat menjadi GZ). Klik gambar-gambar di bawah ini jika ada yang kurang jelas.
Grand Zodiac memiliki karakteristik yang berbeda dengan mode permainan lainnya. Jika pada mode permainan biasa anda harus membuat room, maka GZ akan muncul sendiri secara otomatis oleh sistem. GZ ditandai dengan ruangan berwarna kuning dan memiliki kapasitas 100 orang. Jumlah room di tiap server dan channel berbeda tergantung kepadatan pemain.
Sebagai info tambahan, sebuah channel di Pangya Jepang (setara dengan Black Papel - Free 1 di server Global) memiliki kapasitas hingga 500 orang. Apabila server tersebut penuh (merah) maka jumlah ruangan GZ berjumlah 4 buah. 

Ruangan yang baru terbentuk memiliki waktu tunggu selama 120 detik sebelum permainan dimulai. Jika waktu tunggu habis, permainan akan tetap berjalan meskipun tidak ada pemain yang ikut di dalamnya. Anda tidak diharuskan untuk memencet tombol ready karena permainan akan dimulai secara otomatis meskipun anda tidak dalam posisi ready. Jika ruangan telah terisi penuh 100 orang maka permainan akan langsung dimulai dan sistem langsung melakukan hitung mundur 10 detik.
Anda masing-masing akan memperoleh waktu bermain selama 10 menit dan tugas anda hanya satu yaitu melakukan hole in one sebanyak banyaknya seefisien mungkin. Artinya jangan sia-siakan pukulan anda.

Berikut adalah beberapa peraturan pada Grand Zodiac:
  1. Power gauge, time booster, auto caliper, dan trajectory yang anda miliki tidak terbatas. Jadi manfaatkan secara maksimal dan jangan lupa untuk selalu mempercepat pukulan anda dengan time booster
  2. Anda bebas melakukan pukulan jenis apapun. Tomahawk, spike, cobra, backspin, curve dan kombinasinya.
  3. Rekor anda tidak dihitung disini. Termasuk OB, Hole In One, Longest chip in tidak akan masuk rekor.
  4. Tidak ada long chip in bonus. Pang hanya diperoleh dari hole in one bonus dan jackpot.
  5. Treasure point tidak aktif pada mode GZ.
  6. Anda bebas menggunakan item apapun namun tetap akan terpakai. Contoh: anda menggunakan Silent Wind akan tetap terpakai. Hanya power gauge, time booster, auto caliper, dan trajectory yang jumlahnya tidak terbatas.
  7. Anda akan mendapatkan 10 EXP setiap kali bermain GZ.
  8. Efek kartu Titan Boo yang mengurangi kekuatan angin tidak berlaku di GZ.
Seperti yang saya katakan sebelumnya, tugas anda adalah melakukan hole in one sebanyak-banyaknya. Anda bebas melakukan pukulan apapun yang penting bola masuk ke lubang. Permainan akan dimulai dengan menempatkan anda pada salah satu platform melayang.
 
Platform tempat anda memukul memiliki jarak antara 210y hingga 250y dengan elevasi antara -20m hingga +20m. Jarak anda memukul akan selalu sama pada satu permainan yang sama. Setelah permainan berakhir dan jika anda masuk ke room lain, jarak dan elevasinya akan berbeda.
Kekuatan dan arah angin akan tetap sama jika anda gagal melakukan hole in one dan tidak ada kata menyerah. Arah dan kekuatan angin baru akan berubah setelah anda berhasil melakukan hole in one. Namun anda tidak perlu khawatir karena ada item trajectory gratis yang dapat anda gunakan. Item ini bersifat pasif dan untuk menggunakannya harus dalam keadaan top view camera.

Pada contoh di bawah ini saya tampilkan tomahawk backspin yang gagal masuk lubang dan bagaimana kerja item trajectory.

GZ memiliki 3 tingkat kesulitan yang ditandai dengan diameter lubang seperti pada gambar di bawah ini:
Lv 1 = ukuran lubang sangat besar. Para pemain yang baru bermain GZ akan menemui lubang dengan diameter ini. Tiap hole in one bernilai 40 pang. Angin relatif kecil antara 1-5 meskipun terkadang muncul angin di atas 5 namun frekuensinya masih tergolong jarang.
Lv 2 = ukuran lubang besar. Tiap hole in one bernilai 50 pang. Angin di atas 5 frekuensinya lebih sering muncul dibandingkan angin kecil.
Lv 3 = ukuran lubang kecil (namun tetap masih lebih besar dari ukuran lubang pada VS atau turnamen). Tiap hole in one bernilai 70 pang. Angin di atas 5 hampir selalu muncul dan angin kecil akan sulit anda temui pada level ini.

Pengaturan level-level di atas bukan atas kehendak anda, namun ditentukan dari pengalaman anda bermain. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pemain yang baru mencoba GZ akan menemui lubang dengan ukuran jumbo. Jika anda bermain bagus dan selalu menempati peringkat top 20 di tiap permainan GZ, level anda akan naik secara otomatis. Namun jika anda berada pada posisi bottom 50%, level anda akan turun.
Hal ini yang dapat membuat anda frustasi karena jika anda sudah mencapai level 3, anda harus mengulang pukulan anda berkali-kali sampai anda melakukan hole in one baru arah dan kekuatan angin akan berubah.

Berikut ini adalah sistem penilaian GZ. Pemenang dalam tiap permainan ditentukan oleh POIN, bukan PANG. Tiap kali anda melakukan Hole in one akan memperoleh 1 poin. Namun ada bonus poin jika anda berhasil melakukan misi tertentu layaknya bermain approach. Misi untuk bonus poin selalu sama. Detailnya dapat anda lihat di bawah ini.
  • Chip in pada pukulan pertama artinya anda tidak mengulang pukulan anda alias sekali jalan langsung masuk, bonus poin sebesar 1 akan anda peroleh.
  • Chip in dengan special shot apapun, tomahawk atau backspin akan menambah bonus poin sebesar 1.
  • Chip in dengan pangya biasa artinya anda tidak melakukan special shot dan juga tidak memberikan efek spin atau curve pada pukulan anda.
  • Bonus terakhir cukup sulit namun anda akan memperoleh bonus 3 poin jika berhasil melakukannya yaitu chip in dengan pukulan yang gagal pangya.
Contoh: Anda melakukan tomahawk pada pukulan pertama dan chip in. Point anda: 1 +1 +1 = +3 
Setelah permainan berakhir, poin anda akan dibandingkan dengan pemain lain dan ditentukan juaranya berdasarkan poin tertinggi.


Untuk membuat permainan GZ jadi semakin menarik, ada dua sistem jackpot yaitu jackpot berupa item dan jackpot berupa pang yang ditandai dengan golden beam. Jackpot berupa item akan didistribusikan secara acak kepada 2 orang pemain selama permainan berlangsung. 1 orang mendapat 3 buah silent+safety dan 1 orang yang lain mendapat 5 buah silent nerve.
Sedangkan untuk jackpot pang, anda harus melakukan hole in one pada saat golden beam aktif. Jika anda berhasil melakukan hole in pada saat golden beam aktif, anda berkesempatan untuk memperoleh jackpot. Golden beam akan muncul pada saat waktu tersisa 1 menit dan hanya aktif selama 30 detik. Pada saat waktu tersisa sekitar 20 detik, pemenang jackpot pang akan diinformasikan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan anda.
Jackpot pang sendiri terdiri dari 2 macam yaitu single winner dan community prize.
  • Single winner artinya dari seluruh pemain yang berhasil melakukan chip in pada saat golden beam aktif hanya ada 1 orang yang memperoleh jackpotnya. Sampai saat ini jackpot terbesar yang saya lihat adalah 250.000 pang
  • Community prize artinya dari seluruh pemain yang berhasil melakukan chip in pada saat golden beam aktif, semuanya memperoleh jackpot yang dibagi rata jumlahnya. Contoh: 200,000 pang dibagi 40 orang yang berhasil chip in. Masing-masing pemain yang berhasil golden chip mendapat 5.000 pang.
End note...
Di server Jepang sendiri, GZ disambut positif oleh pemain yang terbukti server yang biasa kosong di sore hari kini selalu penuh. Dan di server Jepang, jika anda memperoleh peringkat Top 3 dalam permainan GZ, anda akan memperoleh special trophy.
Sayangnya game mode ini memiliki bug yang mirip dengan mode approach yaitu terkadang anda akan keluar sendiri dari room secara tidak jelas (tertendang dari room dan kembali ke lobby). Jadi sedikit bersabar jika anda tertendang, toh tidak akan ada catatan yang masuk ke rekor anda.

Tips dari LittleSagara
  1. Untuk melakukan pengaturan pukulan, bagi anda yang biasa menggunakan top view dengan klik kanan atau tombol nol, untuk melakukan quick zoom lakukan dengan Shift+0 atau Shift+klik kanan.
  2. Lubang dengan elevasi turun ekstrim (contohnya -19m) akan sangat menyulitkan anda karena pengaruh angin luar biasa besar. Jika anda frustasi dalam melakukan hole in one lebih baik keluar dari room hahaha.
  3. Item trajectory tidak memiliki kemampuan untuk menghafalkan power yang anda gunakan sebelumnya. Jadi sebaiknya sebelum memukul, ada baiknya anda menghafalkan power yang anda gunakan.
  4. Dalam permainan ini insting lebih berperan dibandingkan kemampuan anda dalam menghitung. Jadi setidaknya hafalkan patokan power dan seberapa jauh pergeseran yang dilakukan.
  5. Saat terbaik untuk mengincar bonus +3 poin (chip in gagal pangya), adalah saat facewind (angin mengarah ke belakang)
  6. Comet dapat anda gunakan disini dan anda akan tetap memperoleh comet bonus seperti biasa. Satu kali permainan GZ akan menghabiskan sebanyak 10 comet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar