Selamat Datang Di LittleSagara.com !!

WASPADA terhadap penipuan yang mengatasnamakan LittleSagara!
KLIK DISINI untuk informasi agar anda tidak menjadi korban berikutnya.

Jumat, 04 Juni 2010

Advanced Guide - Advanced Ball Break

Beberapa sahabat saya bertanya dan mengeluhkan bagaimana cara membaca ball break dengan benar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan guide khusus mengenai bagaimana cara membaca ball break.

Ball break kadang disingkat break atau sering juga disebut dengan slope memiliki arti "patahan" yang ada pada bola. Bukan bola kita yang patah, tetapi kita menggunakan indikator garis berwarna hijau pada bola untuk mengetahui seberapa miring bola tersebut pada permukaan tanah tempat kita memukul.

Cara terbaik untuk melihat dengan jelas patahan tersebut adalah dengan mengatur resolusi layar permainan ke 800x600 dan menekan tombol spasi seperti pada saat kita akan mengatur power yang akan digunakan. Pada saat anda mengatur power, break pada bola akan terlihat yang ditandai dengan garis hitam yang mengelilingi garis hijau. Apabila garis hitam tersebut putus, disitulah breaknya.

Bagaimanapun juga ada berbagai cara untuk melihat patahan tersebut:
  • Dengan cara menekan spasi dan membiarkan powerbar berjalan seperti biasa dan pada saat itulah kita memperhatikan patahan.
  • Dengan cara menekan tombol spasi dengan cepat berulang-ulang (biasa disebut 'spamming') sembari kita melihat patahan.
  • Dengan menggunakan comet spesial sehingga patahan dapat terlihat dengan sendirinya. Hingga saat ini, menurut saya Sakura Comet adalah comet yang paling baik untuk melihat patahan.

Ada 3 kasus yang biasanya muncul dalam menghitung ball break ini, kita akan bahas satu persatu:
Sebagai info tambahan, Garis Biru berarti Break ke kiri dan Garis Merah berarti Break ke kanan.

KASUS #1
BREAK KIRI ATAU KANAN


Kasus pertama ini adalah hal yang paling lazim ditemui, tidak ada yang spesial pada gambar di atas. Yang harus anda perhatikan adalah seberapa banyak break yang terlihat oleh mata anda.
Sebagai contoh, pada gambar 1 di atas terlihat 8 buah garis merah yang artinya 8 break ke kanan.

Di layar permainan anda, akan tampak seperti gambar yang dapat anda lihat berikut ini:
Dapat dilihat bahwa semua break mengarah ke kanan dan jumlahnya ada 10.

KASUS #2
KOMBINASI BREAK KIRI DAN KANAN


Sekarang kita lanjut ke kasus kedua. Saya yakin, pada kasus inilah yang membuat anda bingung menentukan banyaknya break yang harus dimasukkan ke rumus. Perhatikan gambar di bawah:

Pada gambar di atas anda melihat bahwa ada break kiri dengan kanan. Yang harus anda perhatikan adalah berapa banyak break kiri dan kanan. Kemudian hitung selisih antara kiri dan kanan. Mana yang lebih besar, kiri atau kanan itulah arah bolanya. Pada contoh di atas kita lihat bahwa jumlah break merah lebih besar daripada biru. Berarti bola tersebut miring ke kanan. Sekarang perhatikan ilustrasi gambar sesungguhnya di bawah:
Pada gambar di atas kita lihat bahwa break kiri sebanyak 3 dan break kanan sebanyak 5. Kita selisihkan antara kiri dan kanan. Maka kita akan menemukan bahwa break tersebut bernilai 2 ke kanan, karena break kanan mengalahkan break kiri.

KASUS #3
KOMBINASI BREAK YANG DATAR / FLAT


Apakah keadaan bola yang memiliki break selalu miring? Jawabannya adalah tidak. Dalam keadaan yang kelihatannya miring sekalipun anda dapat menemukan hasil yang datar / flat.
Perhatikan ilustrasi gambar di bawah:
Serupa dengan kasus yang kedua, bola memiliki break kiri dan kanan. Namun pada kesempatan kali ini, jumlah break kiri dan kanan adalah SAMA sehingga hasilnya impas alias tidak ada break. Dapat kita lihat bahwa jumlah garis biru dan merah adalah sama.
Kasus dalam prakteknya dapat anda lihat di bawah:
Semoga guide ini dapat membantu anda dalam memperoleh chip in. Terutama dalam posisi sulit saat tanah miring. Selalu ingat bahwa semakin banyak break akan membuat kesempatan terjadinya club usage limit semakin besar!

2 komentar: