Selamat Datang Di LittleSagara.com !!

WASPADA terhadap penipuan yang mengatasnamakan LittleSagara!
KLIK DISINI untuk informasi agar anda tidak menjadi korban berikutnya.

Kamis, 22 Oktober 2009

Berkenalan dengan HWI

Bagian 1: PRAKATA
Apa itu HWI?
HWI adalah standar perhitungan dalam metode Chip In dalam Pangya. HWI sendiri adalah kepanjangan dari Horizontal Wind Influence. Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia kurang lebih adalah seberapa besar pengaruh angin bila dalam keadaan 1 meter dan sudutnya adalah 90 derajat. Hingga saat ini HWI merupakan perhitungan yang paling akurat untuk melakukan chip in dengan kemungkinan masuk sebesar 95%.
Perbedaan mendasar perhitungan HWI dengan perhitungan yang telah saya ajarkan sebelumnya dalam Basic Chip In Guide adalah satuan penghitungan dalam pergeseran. Bila dalam Basic Chip In saya menggunakan perhitungan dalam satuan kotak green, maka dalam HWI kita menggunakan satuan Powerbar. Ilustrasinya dapat dilihat pada gambar dibawah:
Maka dari itu saya dapat menyimpulkan kelemahan dan kelebihan dari masing-masing cara:
  • Metode Basic Chip In Formulas:
  1. Cara perhitungan lebih mudah karena modifiernya bisa dihafal.
  2. Tidak membuang banyak waktu.
  3. Sangat disarankan anda menggunakan metode basic ini bila masih tergolong pemula dalam belajar chip in.
  4. Hasilnya kurang akurat seiring dengan dengan semakin jauh jaraknya dan semakin besar sudut maupun kekuatan anginnya.
  5. Tidak bisa (sangat sulit) digunakan di Deep Inferno karena bentuk green yang hexagon.
  • Metode HWI:
  1. Cara perhitungan lebih rumit daripada Chip In konvensional karena berbeda jarak, berbeda juga modifiernya.
  2. Sangat memboroskan waktu sehingga tidak cocok untuk pemain yang baru belajar chip in. Saya sendiri terkadang tournament 35 menit masih kurang.
  3. Hasilnya lebih akurat namun terkadang bila sudut dan kekuatan angin semakin besar, hasilnya juga kurang akurat. Tetapi saya sudah membuktikan pernah Eagle Chip In pada saat angin 90 derajat 9m.
  4. Bisa digunakan di Deep Inferno yang greennya berbentuk hexagon.
Dari pernyataan diatas, anda bisa menentukan metode mana yang tepat bagi anda. Metode basic yang simpel tetapi kurang akurat dan metode HWI yang rumit tetapi lebih akurat. Jika Chip In menjadi obsesi bagi anda, maka tidak ada salahnya anda belajar dengan HWI. Pilihan ada di tangan anda.

Bagian 2: PRASYARAT
Sebelum memulai HWI, anda harus memenuhi syarat berikut agar hasilnya maksimal.
  • Atur resolusi layar permainan anda ke 800x600.
  • Jarak 1W default anda adalah 250yd atau 260yd.
  • Status SPIN anda harus 9.
Resolusi adalah hal yang esensial dalam HWI karena perbedaan resolusi akan mengakibatkan hasilnya jauh dari perhitungan. Meskipun ada beberapa teori yang mengatakan bahwa satuan powerbar bisa dikonversi ke satuan kotak, lebih baik kita menggunakan standar dasar dalam perhitungan yaitu dengan resolusi 800x600.
Pastikan juga anda telah melakukan penyesuaian terhadap powerbar anda jadi anda dapat menggunakan perhitungan HWI ini. Petunjuk mengenai cara menyesuaikan powerbar dapat dilihat DISINI.
Untuk jarak pukulan yang 250 dan 260 bukan merupakan hal yang mutlak. Beberapa blog dan situs di internet lain ada yang membagikan Tabel HWI untuk jarak 254y, 256y, dsb. Tetapi baru dua tabel yang saya coba yaitu 250y dan 260y dan hasilnya cukup akurat. Berapapun jaraknya anda bisa cari dengan google.

Bagian 3: TABEL
Sebelum memulai HWI mohon anda bisa mendownload tabel yang sesuai dengan jarak anda. File bisa dibuka dengan Excel. [Lihat di bagian Download Center di bagian kanan blog ini]

Bila sudah, saya sarankan untuk di print. Dalam file tersebut akan ada beberapa bagian, penjelasan singkat mengenai kolom-kolomnya adalah sebagai berikut.

Kolom Pin adalah Jarak sebenarnya dari tempat anda berdiri ke lubang. Rumus perhitungannya adalah rumus universal power tetapi tanpa pembagian jarak max club. Hitung dengan RUMUS PIN.

Pin = Jarak +/- Elevasi +/- Wind Effect + Terrain

Kolom Power menunjukkan seberapa besar power yang harus anda atur dalam satuan persen (%).

Kolom HWI adalah modifier yang anda gunakan. Besarnya tergantung dari hasil perhitungan Pin yang anda lakukan.

Kolom Slope adalah modifier untuk ball slope. Penjelasan lebih lanjut akan kolom ini akan ditunjukkan nanti pada bagian Elemen HWI.

Kolom True Ele menunjukkan angka multiplier untuk ketinggian sebenarnya. Penjelasan lebih lanjut akan kolom ini akan ditunjukkan pada bagian Elemen HWI.

Kolom Adjustment menunjukkan pernyesuaian angka HWI dengan perbedaan ketinggian. Penjelasan lebih lanjut akan kolom ini akan ditunjukkan pada bagian Elemen HWI.

Bagian 4: RUMUS
Rumus yang kita gunakan dalam HWI hanya satu yaitu untuk menghitung seberapa besar pergeseran di green. Rumusnya sedikit lebih rumit dari yang sebelumnya:

T = Sin x HWI x Wind +/- (Break x HWI x Slope) +/- Bounce

T = Tile yaitu seberapa banyak yang harus kita geser dalam satuan Powerbar (Pb).

Sin = Sudut angin.

HWI = Modifier yang digunakan, lihat di tabel agar bisa mengetahui HWI yang harus digunakan.

Wind = Kekuatan angin dari 1 – 9 m

Break = Jumlah break pada bola. Ingat! Dalam HWI, nilai break tidak sama dengan 0,1 kotak lagi! Bila anda melihat ada 1 break maka masukkan angka 1 pada rumus bukan 0,1!

Slope = Slope modifier, lihat di tabel

Bounce = Atau biasa disebut Green slope, belum ada perhitungan pasti dengan satuan power bar untuk bounce ini. Namun ada trik untuk menghitung bounce dengan satuan powerbar, selengkapnya dapat anda klik disini.

Pada bagian berikutnya kita akan fokus ke rumus dan cara perhitungannya. HWI memang sangat rumit tetapi bila anda sudah mencoba melakukan chip in dengan Basic chip in guide yang saya berikan beberapa waktu yang lalu dan membandingkannya dengan HWI, saya yakin 100% anda akan lebih takjub dengan hasil dari HWI ini.

Lanjut ke bagian selanjutnya: Elemen HWI

2 komentar:

  1. kk. klw utk toma chip in kn max spin hrus 7 agar didepan lobang g loncat bolanya, itu gmn kk? ap status spin ttp 9 shg klw qt pk toma. spin br+ 2 = spin 11? atw status spin hrus 7 + toma = spin 9? thx

    BalasHapus
  2. Iya betul. Jadi kalau bro memukul tomahawk dan melakukan front atau back spin, maksimal spin yang "diijinkan" lubang adalah 7. Karena secara otomatis, spin bro akan bertambah 2 jadi 9. Sedangkan "batas toleransi" lubang adalah 9 spin. Maka dari itu jika bro menggunakan spin 9, bola akan lompat dari lubang jika meledak tepat di belakang lobang.

    BalasHapus