Selamat Datang Di LittleSagara.com !!

WASPADA terhadap penipuan yang mengatasnamakan LittleSagara!
KLIK DISINI untuk informasi agar anda tidak menjadi korban berikutnya.

Kamis, 02 Oktober 2014

Indonesia dan Kebebasan Informasi di Internet

Sedikit curahan hati dari pemain 'yang katanya' legenda pangya...
Saya menerima banyak keluhan mengenai blog ini khususnya karena banyak yang tidak bisa menyalin (copy) isi blog ini. Hal ini sengaja saya lakukan karena prihatin melihat mental orang Indonesia yang -mungkin- kurang bisa menghargai hasil karya orang lain. Sebelum saya kunci fitur copy-paste blog ini, saya melihat banyak sekali blog-blog "KW" yang menyalin penuh isi blog ini tanpa menuliskan sumber aslinya.

Melihat blog-blog "KW" tersebut, saya jadi memahami bagaimana perasaan seorang penulis novel yang hasil karyanya dibajak, dicopy, dan dijual dengan harga miring. Betapa pengorbanan waktu dan pikiran yang dicurahkan terasa sia-sia karena dirampas oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan "mengcopy-paste" tulisan hasil buah pikiran penulis aslinya.

Saya tidak tahu apakah yang menyalin blog tersebut adalah orang yang berpendidikan atau tidak. Namun satu hal yang saya ketahui -dari segi akademis- pencantuman sumber suatu tulisan adalah suatu keharusan jika tulisan itu bukan hasil dari buah pikiran anda sendiri. Well, saya tidak mau berlarut-larut ke masalah akademis, toh ini bukan blog pendidikan murni. Walaupun isinya adalah rumus-rumus. Hahaha.

Berawal dari opini yang berkembang di internet. Saya memahami maksud dari suatu keterbukaan di era informasi ini.

"Jika anda tidak mau informasi anda dilihat oleh orang lain, jangan taruh di Internet"

Aturan tersebut memang ada benarnya dan saya sempat merenung akan pernyataan tersebut. Saya mungkin sedikit jahat karena saya memberikan informasi dengan setengah hati. Kini pikiran saya telah berubah, mulai detik ini anda bisa melakukan copy-paste isi blog ini.

Namun satu hal yang saya harapkan dari seluruh pembaca blog ini: Jika anda merasa bahwa isi blog ini bermanfaat untuk anda dan ingin anda bagikan kepada sahabat atau rekan melalui blog yang anda miliki. Mohon cantumkan sumber blog ini dalam tulisan anda. Toh anda mendapatkan informasi dengan cuma-cuma dan saya tidak mengharapkan sepeser uang pun dari anda. Saya rasa menuliskan sumber bukanlah hal yang sulit jika dibandingkan dengan anda hanya melakukan copy paste blog atau membeli voucher melalui saya. Hahaha.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak kepada para pengunjung blog ini. Dukung saya agar tetap dapat terus memberikan informasi yang berguna bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar