Selamat Datang Di LittleSagara.com !!

WASPADA terhadap penipuan yang mengatasnamakan LittleSagara!
KLIK DISINI untuk informasi agar anda tidak menjadi korban berikutnya.

Kamis, 27 Agustus 2009

LittleSagara Guide #3

GREEN READING
MEMBACA GREEN

Bagian 1: GREEN SLOPE
Pada intinya green reading adalah menentukan dimana bola menyentuh tanah pertama kali (First bounce) Maka dari itu kita harus bisa menetukan kapan first bounce terjadi. Dalam hal ini, beberapa orang menyebutnya dengan sebutan Bounce atau Green Slope.

Khusus di guide ini, saya menggunakan istilah Green Slope (GS). Saya sudah melakukan survey berkali-kali untuk BS chip in, dan cara menentukan first bounce yang cukup akurat adalah dengan mengukur tiga kotak green dari hole.

Ilustrasinya lihat dibawah, H artinya tempat hole, sedangkan angka 3 adalah perkiraan first bounce terjadi. Klik gambar untuk lebih jelasnya. Perkiraan tiga kotak dari H adalah pada power 1W = 250yard.

Perkiraan first bounce akan berbeda apabila anda menggunakan stik yang lebih pendek jarak tempuhnya atau yang lebih jauh. Contoh: Apabila anda menggunakan power 210 yard kemungkinan first bounce ada di kotak nomor 2.Langkah selanjutnya adalah zoom [shift] + [atas] hingga titik di green terlihat. Nah dari situ, anda bisa menentukan seberapa jauh (kotak) yang harus anda geser. Perhitungannya bisa dilihat pada gambar dibawah.Garis dengan angka 1 adalah ujung dari kotak yang memuat titik didalamnya. Sedangkan garis 0 adalah garis yang membagi kotak itu menjadi dua bagian yang sama besar. Apa artinya angka tersebut?
Itu adalah seberapa banyak yang harus anda geser dalam satuan kotak.
Artinya bila titik itu ada ditengah (berada di garis 0) maka GS nya adalah 0.

Bila titiknya seperti pada gambar diatas, yang berada pada 0,5 sebelah kiri dari kotak itu, maka pergeseran kotak anda harus digeser sebanyak 0,5 kotak ke sebelah kanan.

Bagian 2: RUMUS
Di guide selanjutnya, anda akan terus menggunakan rumus pergeseran di green. Rumus dibawah ini berlaku UNIVERSAL. Artinya semua metode pukulan, baik tomahawk maupun backspin menggunakan rumus ini.

T= (Sin x Angin x Mod) +/- GS +/- BB

T : Adalah singkatan dari Tiles yang menunjukkan seberapa banyak yang harus anda geser dalam satuan KOTAK pada green.
Sin : Adalah Sin (x) angin. Bila angin menunjukkan 40 derajat maka yang anda input di kalkulator adalah sin 40 x dst...
Angin : Adalah seberapa besar kekuatan angin
Mod : adalah modifier, angka tertentu yang berubah sesuai dengan keadaan. Nilai modifier berbeda untuk tiap jenis pukulan. Artinya pukulan tomahawk dan backspin memiliki modifier yang berbeda. Modifier ini dapat anda pelajari pada bagian formula.
GS : adalah Green Slope atau orang biasa menyebutnya dengan Bounce.
BB : adalah Ball break. Lihat ball break guide untuk lebih jelasnya.

Bagian 3: STUDI KASUS
Kasus 1:
Angin 40 derajat, 5m, tail wind ke kiri
Tidak ada ball break, green slope 0,2 ke kanan
Sebagai contohnya kita gunakan modifier sebesar 0,9

Masuk ke rumus:
T=(sin 40 x 5 x 0,9) - 0,2 - 0
= 2,8925 - 0,2
= 2,69

Karena anginnya ke kiri maka kita geser sebesar 2,69 kotak ke kanan dari hole. Mengapa green slope bernilai minus? Ini karena kemiringannya belawanan dengan arah angin. Bila green slopenya miring ke kiri dan angin juga ke arah kiri maka nilai GS bernilai positif.

Kasus 2:
Angin 5 derajat, 2m, face wind ke kanan
3 ball break ke kiri, green slope 0,5 ke kiri
Sebagai contohnya kita gunakan modifier sebesar 0,85

Masuk ke rumus:
T=(sin 5 x 2 x 0,85) - 0,5 - 0,3
= 0,1481 - 0,5 - 0,3
= -0,6518

Loh kok hasilnya minus ya?? Apa kita salah hitung? TIDAK! perhitungan kita sudah benar. Coba anda lihat bahwa nilai ball break dan green slope lebih besar dari angin. Ini artinya kemiringan bola dan kemiringan green cukup besar sehingga mengalahkan kekuatan angin. Jadi pergeseran yang kita lakukan adalah mengikuti arah angin. Dari kasus diatas kita geser sebanyak 0.65 kotak ke kanan dari hole.

1 komentar: